Inilah Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh Kita


Air adalah salah satu kebutuhan paling vital bagi kehidupan manusia. Tubuh manusia terdiri dari 90% air. Fungsi air dalam tubuh manusia berperan penting dalam proses pencernaan, penyerapan, transportasi nutrisi, sirkulasi, mengeluarkan zat metabolisme, produksi air ludah dan mempertahankan suhu dalam tubuh.

Air putih merupakan minuman yang menyehatkan bagi seluruh anggota tubuh. Apabila tubuh kekurangan cairan dalam waktu yang relatif lama, maka kita akan merasakan haus. Haus merupakan respon tubuh yang membutuhkan asupan cairan. Selain untuk menghilangkan rasa haus, ternyata air putih mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat air putih bagi kesehatan tubuh kita? Berikut ulasannya.


1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Apabila kebutuhan dalam tubuh terpenuhi, maka akan terhindar dari konstipasi karena cairan dalam proses pencernaan selain itu dapat membantu penyerapan nutrisi yang juga berfungsi untuk membentuk massa kotoran manusia.

2. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Dengan mengkonsumsi air putih sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh, maka racun dalam tubuh akan dikeluarkan melalui urine maupun keringat.

3. Memperlancar Buang Air Besar

Seseorang yang sedang mengalami sembelit atau susah buang air besar dianjurkan untuk minum air putih yang bertujuan untuk membantu  melancarkan buang air besar tersebut.

4. Berpikir Lebih Baik

Otak kita sebagian besar terdiri dari air. Dengan meminum air putih dapat membantu kita untuk berpikir lebih baik, lebih waspada dan lebih berkonsentrasi.

5. Membuat Awet Muda

Dengan minum air putih akan membuat kulit kita terlihat lebih segar setiap harinya, sehingga kita akan terlihat tampak awet muda dan terhindar dari kulit kusam.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Menurut studi yang dikemukakan oleh American Journal of Epidemiology. orang yang terbiasa minum air putih lebih dari 5 gelas setiap harinya mengalami penurunan resiko sebesar 41% akibat penyakit jantung.

7. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal disebabkan garam dan garam menurut teori larut dalam air. Dengan mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, maka batu ginjal pada tubuh akan larut dan akan ikut keluar bersama dengan air seni.

8. Penyeimbang Sistem Getah Bening

Saat sistem getah bening bekerja dengan optimal, maka tubuh memiliki kekuatan lebih untuk melawan infeksi atau juga infeksitiroid yang dapat mengganggu kesehatan tubuh kita.

9. Mengurangi Resiko Kanker

Terkait sistem pencernaan, beberapa studi menunjukkan dengan minum air putih dapat mengurangi resiko penyakit kanker, kandung kemih dan juga kanker usus besar. Air putih dapat meleburkan konsentrasi gen penyakit kanker dalam urine dan juga dapat memperpendek waktu virus di dalam kontak dengan lapisan kandung kemih.


Air putih dapat membantu meredakan sakit kepala yang disebabkan karena dehidrasi.

Demikian manfaat air putih bagi kesehatan tubuh kita walaupun sebenarnya masih banyak lagi manfaat lainnya selain manfaat-manfaat yang dituliskan di atas. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat.


LANGGANAN ARTIKEL GRATIS
Jika anda menyukai artikel-artikel yang ada di blog Kang AP, silahkan untuk berlangganan gratis via email. Anda akan mendapat kiriman setiap ada artikel baru yang terbit di blog Kang AP ini. Terimakasih.

0 Response to "Inilah Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh Kita"

Post a Comment